Jumat, 26 Agustus 2011

JK : Mahasiswa Jangan Bercita-Cita Jadi PNS!


DEPOK – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengajak semua generasi muda untuk tetap semangat menggapai cita-cita demi masa depan bangsa. Cita-cita, menurutnya, adalah sebuah pencapaian harapan dan pedoman motivasi ke arah yang lebih baik.

JK menambahkan tidak hanya generasi muda, bangsa dan negara pun memiliki cita-cita. Negara pun harus meningkatkan kualitas pendidikan untuk mencapai cita-cita secara keseluruhan.

“Pertanyaan yang seringkali muncul adalah bangsa ini kaya raya tetapi belum sejahtera. Macet yang sering terjadi pun merupakan pertanda kesejahteraan. Karena itu, yang menggerakan suatu bangsa dan negara adalah anak muda,” katanya kepada wartawan di Universitas Pancasila (UP), Senin (22/08/11).

JK juga mengajak para generasi muda untuk memiliki cita-cita sebagai pengusaha. Kesuksesan, kata dia, memerlukan proses dan kematangan, bukan sesuatu yang instan.

“Jangan ingin jadi PNS, karena tahun ini kuota ditutup sebab anggaran negara sudah membengkak untuk membayar gaji PNS. Sedangkan yang masih boleh diterima adalah guru, dokter, dan bidang pertanian yang jumlahnya masih sedikit. Seharusnya menjadi pengusaha tidak perlu surat keputusan (SK),” tuturnya.

Untuk menjadi pengusaha, JK meminta mahasiswa untuk lebih meningkatkan kekuatan jaringan (networking). Selain itu, dibutuhkan pula semangat dan keuletan.

“Bukan soal pribumi dan non-pribumi jika mau jadi pengusaha sukses, yang penting siapa yang lebih rajin rezeki pasti lebih banyak,” tandas JK.
(rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar