Jumat, 02 September 2011

Ingin Akur dengan Teman Sekamar, Ini Tipsnya!



JAKARTA - Berbagi kamar kosan atau asrama dengan teman memang menyenangkan, terutama bagi kamu yang memang seorang penakut, peran seorang teman sangatlah dibutuhkan.

Namun, sebagai dua pribadi yang berbeda, konflik dengan teman sekamar pun tidak dapat terhindari. Perbedaan pendapat atau permasalahan kecil yang tidak segera diselesaikan dapat memicu timbulnya permasalahan yang lebih besar. Maka, berikut beberapa cara dan tips untuk menyelesaikan permasalahan dengan teman kos atau asrama seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (2/9/2011).

Komunikasi
Jalinlah komunikasi terbuka dengan teman satu kamar asrama atau kamar kos. Beritahukan sejak awal apa yang kamu suka dan tidak suka, demikian pula dengan teman tersebut. Jika suatu saat teman sekamarmu melakukan sesuatu yang membuatmu merasa terganggu, segera sampaikan masalah tersebut dengan baik, bukan memendamnya. Masalah kecil yang terus dipendam, lama-kelamaan akan menjadi masalah besar.

Hormati batasan
Sedekat apapun kamu dengan teman sekamarmu, tetapkan batasan di antara kalian dan hormatilah batasan tersebut.

Setop jadi peminjam
Usahakan untuk menghilangkan kebiasaan meminjam barang milik teman sekamarmu apalagi jika kamu memiliki kebiasaan ceroboh dan mudah lupa sehingga barang pinjaman tersebut tidak pernah kembali ke tangan pemiliknya. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan sendiri yang bersifat pribadi dan tidak meminjam pada orang lain.

Jaga bagian ruanganmu selalu bersih
Tinggal jauh dari orangtua dan tanpa jasa seorang pembantu terkadang membuatmu malas untuk melakukan berbagai tugas rumah, seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, atau sekadar membersihkan tempat tidur. Namun, perlu diingat, kamu berbagi kamar dengan orang lain sehingga kenyamanannya pun perlu kamu pertimbangkan. Usahakan untuk menjaga kebersihan bagian tempat tidur maupun meja belajarmu sehingga dia pun akan tergerak untuk melakukan hal serupa.

Sharing
Berbagi pengalaman maupun passionmu merupakan salah satu hal yang diperlukan ketika kamu memutuskan berbagi kamar. Biarkan dia mengenal pribadimu demikian pula sebaliknya. Sebab, selain berasal dari kebudayaan yang berbeda, kalian akan tinggal bersama dalam waktu yang tidak sebentar. Maka, rasa asing terhadap teman sekamar harus diminimalisir agar kamu bisa merasa nyaman tinggal dengannya.

Mau berubah
setiap orang memiliki kebiasaan buruk, baik mereka sadari atau tidak. Namun, ketika kamu tinggal dengan orang baru, jangan biarkan kebiasaan buruk tersebut membuat teman sekamar menjadi terganggu. Menjadi seorang mahasiswa merupakan kesempatan untuk tumbuh menjadi dewasa, maka manfaatkan kesempatan tersebut untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Have fun
Nikmatilah waktu bersama teman sekamar, terutama jika kalian memiliki hobi dan ketertarikan serupa. Nonton di bioskop, masak, atau belanja di mall dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu bersama.(rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar